Review GRAVITY 2013 By Alfonso Cuaron. Starring Sandra Bullock and George Clooney



Satu lagi film yang mencengangkang keluar, Gravity. Film garapan Alfonso Cuaron ini langsung dapet rating 8.8 di IMDB di minggu awal keluarnya. Bahkan masuk ke 43 di Top 250 movie all time. Benar-benar membuat penasaran untuk ditonton. 

Gravity bercerita tentang perjuangan seorang astronot yang terdampar di luar angkasa dengan segala rasa putus asa dan ketakutannya. Dr. Ryan Stone adalah seorang medical engineer yang melakukan perjalanan pertamanya ke luar angkasa untuk memperbaiki sebuah alat scanning yang ia rancang di Hubble yang rusak. Dr. Ryan Stone bersama Matt Kowalski, seorang astronot veteran berjuang untuk kembali ke bumi saat pesawat mereka hancur dihantam oleh puing-puing ledakan.


Langsung saja kenapa film ini wajib di tonton:

1.     Sinematografinya bener-bener incredible. James Cameron aja sampai bilang bahwa Gravity adalah film tentang luar angkasa yang paling bagus sepanjang masa. Yang belum nonton, mending pilih yang Imax 3D atau 4DX aja biar lebih nyata. Dijamin worth it. Banyak orang yang bilang “Film gini nih yang seharusnya pantes di 3D-in. Jangan film standar dipaksa 3D”. Dan Cuma film ini doang yang bikin gw harus banget nonton 3D nya.

2.       NASA mengklaim bahwa Gravity adalah film luar angkasa yang paling mendekati kenyataan. Dan memang pas nonton bikin deg-degan terus. Film ini doang yang bikin gw lupa kalau punya pop corn. Haha

3.       Sandra Bullock dan George Clooney. Jangan diragukan lagi. Dua-duanya Academmy Award Winner. Dan kalau bukan mereka yang main, film ini bakal jadi film standar. Soalnya durasi film yang sedikit dan dialog mereka berdua yang juga sedikit, membuat tiap dialog harus bermakna dan ngena ke penonton. Dan menurut gw mereka berdua berhasil melakukan itu. Jujur yang bikin gw cinta sama film ini adalah chemistry antar karakternya. Simple tapi pasti.

4.       Pengambilan gambarnya ga banyak cut nya alias scenenya panjang-panjang. Baru film Gravity ini yang melakukan teknik seperti ini. Ngeh ga kalau di 13 menit awal dari gambar hamparan bumi luas sampai Dr. Ryan Stone terpental ke angkasa nggak ada cut nya?

Tapi tiap film pasti menuai kritikan dan menurut beberapa orang film ini over rated. Ada yang bilang bahwa Gravity ga logis, ga mungkin pesawat ISS, Hubble, dan Tiangong ada di satu line pandang. Atau ga mungkin bisa Dr. Ryan bertemu lagi dengan Matt Kowalski saat Dr. Ryan Stone lepas tali dan menjauh dari Explorer. Semua kritikan itu hanya dibalas santai oleh Cuaron "Ini memang bukan film dokumenter. Ini hanya sepotong film fiksi,". Lagian toh NASA juga hanya bilang bahwa Gravity adalah film yang paling mendekati kenyataan, bukan benar-benar bisa terjadi. Jadi memang semuanya kembali ke selera masing-masing penonton. Karena Gravity ini genrenya memang drama-thriler bukan action.


                                                                                                                                                                
Sedikit di balik pembuatan film:

1. Film ini disaranin ditunda 4 sampai 7 tahun DEMI menunggu teknologi yang memadai untuk merealisasikannya. Dan akhirnya emang sampe 4-5 tahun baru muncul.

2. Untuk take yang 13 menit awal (no cut alias 1 scene ga berhenti-berhenti), ini katanya yang paling susah. Karena mereka harus menggunakan efek vomit comet (istilah perfilman untuk orang yang harus adegan mengambang kyk di inception). nah, kalau di inception itu kan hanya beberapa detik. Kalau disini sampai 13 menit. itu yang sulit.

3. Bahkan sebelum syuting dimulai, mereka harus melakukan pasca produksi dulu. artinya harus tau dan punya wire atau kabel-kabel seperti apa yang digunakan, teknologi, dsb.

4. Saking perfectionisnya Cuaron ini, Sandra bullock sampai diatur detail pergerakan kepalanya. tidak boleh lebih dari 3/4 inch, 1/4 inch, dsb.

Cuaron said, "Kami menggunakan sistem wiring yasng belum pernah digunakan sebelumnya. Karena banyaknya wire, semuanya juga dikomputerisasi dengan sinkron dengan pencahayaan dan gerakan Sandra"

5. Oiya lamanya Gravity ini dibuat yang bikin banyak calon-calon aktor/aktris pemerannya mundur. Yang saat itu diundang untuk memerankannya adalah Angelina Jolie, Natalie Portman, dan Robert Downey Jr. Dan akhirnya sampai ke Sandra dan Clooney.

Comments