Character Building Atlet Prima di Markas Kopassus Batujajar (Part 5)



Part 5 (Malam di Situ Lembang)

Kita barbaris di depan barak. Gw lupa di sana ada berapa barak. 4 mungkin ya. Atau 3. Pokonya cewek dan cowok dipisah. Selain barak siswa, ada semacam cotage-cotage kecil gitu. Tempat pelatih sepertinya. Cewek yang baris di belakang gw ada beberapa yang bibirnya udah biru. Dia kedinginan banget. Temen-temennya berusaha menhangatkan dia. Lama berdiri kedinginan, kita di suruh duduk oleh pelatih. Pelatih akan membagi barak dan memberikan beberapa perlengkapan tambahan untuk tinggal di barak. Perlengkapannya kalau tidak salah itu ada sleeping bag, sepasang sarung tangan, dan alas tidur yang seperti tikar tapi terbuat dari semacam karet (sumpah ini gw lupa namana, piss). 


Guyonan-guyonan dilontarkan para pelatih sembari menunggu giliran di panggil untuk mengambil perlengkapan. Candaan mereka udah ga lucu. Well, emang kitanya lagi pada sewot mungkin. Haha.
Dari perjalanan dari tempat ngambil barang di truk tadi, sampai ke barak cukup jauh. Truk di parkir di tempat parkir tempat kita mengambil tas kita. Di sana ada semacam warung kopi gitu. Lumayan kalau malem-malem mau bikin indomi atau pop mie, gumam gw. Tapi medan dari barak ke tempat parkir cukup seram kalau dilewati malam hari. Padang rumput luas, sangat luas. Hingga kalau malam, kita ga tau dimana ujung padang rumputnya. 

Angin mulai berhembus lebih kencang, hari sudah magrib dan hujan agak turun sedikit-sedikit. Setelah mengambil perlengkapan, kami di suruh masuk barak. Ow ow.. sebelumnya gw deskripsikan dulu tampak luar barak. Barak di hutan ini bawahnya memang semen, tapi dinding hingga ke atas semuanya kayu yang di susun. Kayu tipis ya, bukan kayu gelondongan kayak di luar negri. Dan ada beberapa bagian dinding yang bolong. Bukan beberapa ding, tapi kebanyakan. Dalam hati, semoga aja dalemnya agak bener sedikit. Haha, apa mau di kata dalemnya ya gitu. Masuk pintu, ada dipan panjaang di kanan dan dikiri. Nggak ada apa-apa lagi. Sekat pun nggak ada. Nah bebas deh tidur di sebelah mana juga. Panjang baraknya mungkin satu setengah kali panjang lapangan bulu tangkis. Dan yang pasti kamar mandi di luar. 

Kita diperintahkan untuk berkumpul di aula dalam 15 menit. Sontak semuanya kaget, pilih tempat belum, ganti baju belum, buka pdl susahnya minta ampun, ganti baju di sebelah mana, lampu ga nyala-nyala, di lantai becek, pokonya amburadul. Saat itu adalah saat teriweuh selama character building. Akhirnya gw dapet bareng sama anak softball lainnya di deket pintu masuk. Ganti baju, dan ready to go. Cucian, baju bersih, anduk kotor, sleeping bag, semuanya buntel-buntel dulu aja. Yang penting go to the aula…

Aula ini semacam lapang luas, dan diatasnya di kasih atap. Udah gitu doang. Ga ada lampu, ga ada pintu. Gelap dan dingin. Sumber lampu cuman dari senter para pelatih yang lalu lalang. Asli gw ga bisa liat wajah temen se-pleton gw. Dan angin dingin kalau berhembus kenceng banget dari sisi puncak gunung ke bawah. Secara kita tinggal di lereng banget. Kenceng banget sampai bunyi. Serem banget, ditambah kalau lagi berkabut, angin lewat ya berarti kabut lewat. Kayak ada gumpalan asap putih yang ngelewatin kita. Brrr….

Memang apes gelombang 6 ini. Nggak kayak gelombang-gelombang selanjutnya, gelombang 8,9, 10. Karena masih bulan januari, kita kebagian musim dingin, mendung terus, hujan terus. Alhasil malem hari gelapnya minta ampun. Sinar bulannya nyumput-nyumput.


“Baris yang rapih!” teriak pelatih tiba-tiba. “sesuai barisan biasanya!”. Kita buru-buru baris sesuai pleton dan kompi masing-masing. “kalau ngitung anggota pleton ga usah teriak, bahunya aja yang dipegang sama ketuanya. Ketuanya nanti yang hitung sendiri” bisik salah satu pelatih ke pleton gw. Gw ga tau itu pelatih siapa karena wajah temen di depan gw 1 meter aja ga keliatan. Setengah meter keliatanlah, remang-remang dikit tapi.

“kenapa pak?” jawab salah satu dari kami. “soalnya kalau menghitung pakai cara biasa (cara biasa: tiap anggota neriakin angka), kadang suka ada yang ikutan teriak. Misal anggota kalian ada 18, ntar tiba-tiba ada yang teriak 19 kan repot.” Gosh! Sumpah itu bikin bergidik cerita si bapak. “yah, sebenernya kalau lebih nggak papa, kalau ternyata orang yang ke 18 nggak bunyi-bunyi kan lebih repot”, tambah pelatih. Statement terakhir itu bikin kita pengen pegangan tangan. Hahaha. Karena gw tinggi, gw bisa liat semua kepala anggota kelompok gw. Gw suka memastikan lagi kalau anggota kelompok gw itu pas. Hamdallah, ga pernah kurang ataupun lebih.

Di aula kegiatannya adalah pengarahan dan makan malam, lalu sesi push up, sit up, marah-marah dan lainnya sampai hampir jam 11. Akhirnya kita masuk ke barak dengan lelah. Karena sudah jam bebas, banyak yang beres-beres tempat tidurnya, tasnya, ke kamar mandi, mandi (wow banget lah itu yang mandi jam segitu di sini), dan lainnya. Gw sih beres-beres baju dan sikat gigi solat. Kamar mandi mulai ramai. Tiba-tiba pelatih masuk barak. “nanti harus ada yang piket malam, terserah bagaimana ngaturnya. Orang itu harus bangun jagain barak. Jaga di dalem aja”. Wow.. masih aja ada piket malem -_-. “Oiya, nanti saya cek, kalau pelatih dari luar barak ada yang teriak ‘BARET!’ kalian yang piket di dalem harus balas teriak ‘MERAH’. Kalau tidak, kami mengasumsikan di dalam terjadi sesuatu dan akan kami dobrak ke dalam”. --__-- buseet… ngancamnya gitu amat pak. Setelah berunding-runding dengan orang-orang, giliran piket dimulai dari jam 12 malam. Tiap orang jaga 15 menit dimulai dari orang yang deket pintu masuk. Gw itung-itung gw kebagian dari jam 1.45 sampai jam 2. Hmm lumayan lah. Dan jaga piketnya berpasangan dengan orang yang tidur di sebrang kita. Okelah. Lagi paciweuh gitu, tiba-tiba PET!, mati lampu lah.. tapi ini emang mati lampu seriusan. Soalnya di luar juga gelap banget, kamar pelatih juga mati lampunya.

Orang-orang riuh ramai ngedumel. Dan, gw ngeluarin senter gantungan kunci gw yang gw beli di China. Senter kecil ini bentuknya tipis dan kecil sebesar ibu jari doang. Pas gw nyalain di dalam barak yang gelap gulita, jbret.. terang banget brow… setengah barak keliatan semua. Orang-orang lansgung menatap gw gitu dengan kehebohan senter gw. Berasa artis diliatin. Haha. Gw bawa beberapa senter kayak gitu. Rencananya sih mau dijualin di online shop gw. Haha.. tapi karena mendesak, gw pinjemin senter yang gw temuin di tas. Gw biasanya naro senter kayak gitu random di tas mana aja, soalnya emang buat hal kepepet. Jadi dimana aja ada. Gw nemu 2 waktu itu. Dan gw kasih ke orang yang di ujung pintu barak sebelah sana sama ke orang yang lagi nyari celananya ilang ke kolong. Setelah semua keriweuhan beres, tidurlah gw. Di sebelah kiri gw t herna, temen satu tim. Sebelah kanan gw tante ocha, pelatih gw. Jadi yang bakal piket duluan adalah teh herna, gw, lalu tante ocha.

Tidur sembari bergidik, t herna ngebangunin gw “fur.. fur..”. Gw ngebuka mata dan liat jam. Ternyata masih jam setengah 1an kurang lebih. Dia minta gw temenin. Lalu dengan tetep posisi tidur gw iyakan. Mata gw tetep tertutup. Ahaha. Tapi setiap dia nanya, gw selalu jawab. Memastikan gw juga terjaga. Alhasil kebagianlah giliran gw jaga. Gw ga tau harus gimana jaganya. Akhirnya gw duduk. Suasana gelap, anging menggelebus (kosa kata apa ini.haha) dari dinding-dinding yang bolong. Nggak jarang ada angin kenceng lewat dan ngedobrak pintu barak begitu kencangnya. Pintu yang terbuat dari kayu itu kayak udah mau kebuka aja. Padahal udah dikunci. ‘BRAK BRAK!.. Krieet’ sumpah suaranya tuh kayak si pintu udah kebuka ketutup gara-gara angin. Pas gw senter ke pintu yang deket tempat tidur gw, ternyata ketutup ko. Pintu yang di ujung satunya juga sama, bunyi gebrak terus. Pikiran gw tu pintu sebelah sana udah kebuka aja, angin kencengnya sampai dalem barak soalnya. Gw ga berani nyenter ke sana. Pertama jauh, kedua kalau misal bener kebuka, berarti gw harus ke sana jalan sendirian ngunci tu pintu. Hiiii… mending pura-pura ga liat. Ketiga, imajinasi gw lagi ga bersahabat, gw takut kalau ngarahin senter kesana tiba-tiba ada sesosok apa gitu yang tampak, di tambah petir-petir, angin, hujan, hiii.. gw liat jam, yahh baru semeniit.. waktu berasa lama banget. Saat itu adalah saat terhoror dalam hidup gw. Lebih takut ini daripada masuk rumah hantu. Yang ga tahan bunyi anginnya, bunyi gebrakan pintu, bunyi hujan yang makin deres. Itu suasana pas banget kalau si fredy and Jason dateng. Atau mungkin gw lebih takut tiba-tiba Hannibal lecter di depan gw.
Kadang gw ngedenger suara derap kaki lewat-lewat di depan. Cuman sangsi apakah itu cuma suara gebrakan pintu yang samar-samar. pernah suatu waktu, keadaan sunyi banget. Cuma kedengeran angin bertiup kecil nyaring. Ngerasa ada yang lewat di luar barak, tiba-tiba gw mengucap ‘Barak!’, pelan dan ragu namun berharap ada yang balas. Dalam hati gw bergumam, kenapa gw yang teriakin ‘Barak’nya. -_-. Saking desperatenya jaga piket, huhu.

Okey gw ga akan terlalu urut ceritanya. Sekarang gw ceritain tentang masalah piket malam di situ lembang. Ada yang bilang yang jaga piket harus ngitung jumlah orang di dalam barak tersebut. Mak!. Dan ngitungnya harus dipegang kakinya. Mengindikasi bahwa itu ‘real’ manusia. Hiii.. waktu malam keberapa entah bagaimana gw harus menghitung jumlah orang yang ada di barak gw. Waktu itu yang piket berdua. Jumlah orang yang seharusnya ada di barak gw adalah sekitar 76. Kondisi gelap gulita, gw nyalain senter dan ngarahin ke lantai ga berani kemana-mana. Jadi yang keliatan sama gw Cuma telapak-telapak kaki orang yang lagi pada tidur. Dan gw mulai ngitung dari pintu deket tempat tidur gw ke arah pintu ujung satunya. 

Udah hampir selesai ngitung. Gw ngitung dari kaki yang gw liat (ga gw pegang, males ah. Haha), ada 69 dan gw rencana mengira-ngira aja paling tinggal sisa 6 sampai 7 orang lagi (ada beberapa yang sakit tidak tidur di barak). Pas gw liat kaki-kaki selanjutnya. JENG!!... kenapa masih banyak banget 0-0. Sekitar belasan lah. Saat itu gw langsung matiin senter jalan cepet balik ke tempat tidur dan merem. Temen gw nanya, “berapa?” gw cuma bisa jawab “ehmm.. iya udah ada ko semua. Coba aja cek lagi”. Tapi temen gw tidak mengecek lagi dan kembali ke tempatnya. Mungkin aja itu bukan apa-apa. Mungkin mata gw meng’iya’kan penglihatan mistis tersebut, atau ada anak dari barak lain pindah-pindah (tapi ko banyak banget), atau yang lainnya. Yah, pokonya yang bikin serem itu karena abis cerita horror tersebut, gw langsung disuruh ngitung. Hahaha… jadi berasa pas banget momentum horornya.

Comments